Langsung ke konten utama

Solo Travelling ke Kebumen ; Pantai Surumanis, Pantai Menganti dan Fort Van der Wijk

Halo gaes, Gimana nih kabarnya? sehat selalu, semangat selalu ya!

Well hari ini aku mau cerita tentang pengalamanku solo travelling ke Kebumen. Tau ga gaes, ternyata Kebumen itu keren banget! So, semoga setelah kalian baca ini kalian bisa arrange waktu buat kesana dan I bet kalian ga bakal nyesel.

Jadi aku mulai perjalanan ku di hari sabtu. Dari Temanggung aku ke terminal secang Magelang nunggu shuttle bus Sumber Alam kira-kira jam 8 pagi bus nya datang dan kita langsung cus ke Gombong, Kebumen.

Ransel is my Llife

Bawa an nya simple gaes karena cuma sehari doang disana. Dari Magelang rutenya lewat Purworejo terus ke kebumen kota terus baru sampai ke Gombong. Pukul 11.30 akhirnya sampai dan aku pun turun di pasar gombong jalan ke Alfamart bentar buat beli minum plus numpang toilet. Ehehe sungguh ketika berpergian begini Indomaret dan Alfamart adalah jalan ninjaku untuk ngadem atau untuk buang hajat. hehehe.

Oh iya Gaes jadi sebelumnya, aku uda planning buat nginepnya di Villa di pantai menganti jadi karena jarak antara Gombong dengan kecamatan Ayah lumayan jauh sekitar 38 km dengan akses jalan yang juga tidak mudah maka aku putuskan untuk minta jasa penjemputan dr pengelola pantai menganti. Karena FYI, di Kebumen khusnya kalau uda luar gombong ga ada ojek online nya gaes :(. Akhirnya setelah nunggu beberapa saat nunggu mas Eko (Pihak dr pengelola pantai menganti) jemput aku langsung cus menuju kecamatan Ayah kabupaten Kebumen. Nah, di Kecamatan Ayah itu banyak banget pantainya gaes, ada pantai lampon, pantai Karang Bolong, pantai Surumanis dan juga pantai Ayah (Ada lagi kayaknya gaes, ehe..) Terus aku mampir ke pantai Surumanis, kenapa? No reason sih, langsung aja pengen mampir kesana ehehe. Well aku emang tipe orang yang suka spontan ehehe.

Sampai di surumanis kita musti tracking dulu gaes, lumayan jauh jalannya dari parkiran sampai di tengah jalan sebelum jalan turun menuju pantai. Ngopi dulu dong di warung yang viewnya langsung pantai, Sedap banget! terus langsung jalan dannnn yes sampai.

Pas banget pantainya pas lagi sepi. Cuman ada beberapa anak lagi berenang santai sama bapak-bapak yang lagi mancing. Seger banget menikmati suara deburan ombak dan semilir angin disini. Setelah merasa cukup kita langsung naik lagi ke atas. Huft capek banget ternyata entah ada berapa ratusan anak tangga yang ku daki tapi emamng tetep worth it sih.  Sampai diatas langsung tancap gas menuju pantai menganti. Cihuy!

Dari pantai Surumanis ke pantai menganti cuma 15 menitan dengan jalan yang mulai cukup ekstrim. Untung uda terbiasa pas ke Gunung kidul kemarin meskipun agak deg-deg an juga. Sampai di Menganti sekitar pukul 3 terus cari makan di warung-warung yang berjejer disekitaran pantai. Saat itu pengunjungnya buanyak banget udah yang agak males lihat banyak orang. BTW makan disini mahal banget gaes aku habis sekitar 100 rb lebih untuk makan cumi seporsi dan ikan bawal bakar yang menurutku rasanya B aja. Kayaknya sengaja dimahalin deh. :(

Habis dari sini langsung ke penginapannya. Jadi I just know kalau di pantai menganti ada banyak spot gaes, yang di warung makan seafood adalah spot pantai langsung/ spot pasir putih sementara yang penginapan adalah spot yang deketnya bukit2 biasa buat camping. Lucky nya aku juga dapat penginapan yang arah balkonnya langsung view pantai, seneng banget deh

ini model penginapannya itu satu rumah ada dua kamar gaes dan dua balkon. Pintu masuknya pun beda jadi aman. Pas aku nginep juga yang samping pas ga ada orangnya. Nah kalau keluar di balkonnya viewnya kayak foto dibawah ini gaes. Cocok kan?
Oh iya balik lagi gaes ke lanjutan cerita, setelah ke penginapan naruh tas dan bla bla, aku mau nyari sunset. Spot sunsetnya tuh ada di jembatan merah. Dari penginapan ngikutin jalan keluar nanti ada petunjuknya. Jalannya juga lumayan jauh persis kayak di Surumanis tapi demi melihat senja siapa yang bakal nolak coba kan? Menuju kesini harus siap tracking plus kuat mental apalagi penakut macam aku karena lewat kayak hutan kecil gitu suer aku takut ketemu memedi gaes. nah sampailah di jembatan merah yang terkenal itu dan ku dapat view nya pas banget. Sayang ga ada yang motoin

Romantis banget ga sih, huhuhu. Lewat jembatan merah sambil ngehalu lari-lari kecil sama pasangan gitu wkwkw terus sampai kayak di Karang duduk disitu sambil nunggu senja sambil lihatin nelayan pada otw pulang. Mau lihat senja nya, ini dia...

Mendung gaes huhuhu. The sun kiss the cloud akhirnya ga jadi kiss the sea. Hiks. Tapi, meskipun begitu aku tetep bahagia menikmati deburan ombak yang memecah karang sampai aku lupa waktu padahal cuman duduk duduk doang dan ga terasa udah jam 6 kurang 10 menit. Akhirnya bergegas menuju ke penginapan lagi.

Pas malem area sekitar penginapan sepi banget. Lampu juga cuma tersedia di pondokan nya doang, sehingga gelap gulita. Akhirnya sepanjang itu aku menghabiskan waktu di kamar sambil baca buku. Malam sekitar pukul 10 an petir menyambar-nyambar diiringi hujan, Gemuruh ombak terasa semakin besar huhu beneran ku pikir bakal ada tsunami gaes hehehee dan aku ga bisa tidur saking takutnya. Well aku emang sebenarnya ga gitu suka sama air jadi pas itu takut banget. Pukul 1 malam kayaknya baru aku bisa tidur setelah dengerin Murrotal-an.

Pagi sekitar jam setengah 5 aku bangun dan bersiap melihat sunrise. Buka pintu balkon eh, mendung juga ternyata ya ampun...Akhirnya sambil nunggu agak terangan aku cuman gelimpungan dikasur terus jam setengah 6 beranjak jalan-jalan disekitar pantai. Jadi, gaes pantai menganti ini memang diapit sama perbukitan hijau yang luas banget, emang effort sih kalau kamu mau naik ke bukit-bukitnya tapi viewnya bagus banget. Akhirnya aku putuskan jalan-jalan ke bukit sekalian olahraga, ternyata nama areanya lembah menguning. Dari sini kamu bisa lihat view pantai menganti dari ketinggian. Tetapi agak hati-hati ya gaes jalannya agak licin meskipun rumput-rumput apalagi karena semalam hujan. Sampai disitu duduk direrumputan sambil melihat ombak yang mulai tenang. Pengennya si rebahan gitu gaes tapi ntar malah ketiduran berabe dong. hahaha. Begini suasananya

kalau ga mau duduk di rerumputannya udah disediain gazebo kok gaes bisa nongkrong cantik kalian. terus sekitar pukul 7 mendung lagi gaes akhirnya aku putuskan untuk balik ke kamar, buat santai santai manja. Penyakit solo travelling kayak aku adalah rasa mager dan semau sendiri, meskipun laper dan pengen banget beranjak tapi tetep aja rebahan sambil baca buku, ya gimana yaa vibe nya asik banget buat selonjoran terus baca buku.

ini Yang aku baca tuh bukunya Kedung Darma Romansa berjudul Kelir slindet, uedan saking bagus banget bukunya dan didukung tempat baca yang asik pisan aku khatam buku ini cuman dua hari di Menganti. Kayaknya aku bisa produktif kalau baca bukunya ditempat kaya gini.

Akhrnya setelah bermalas-malasan, rasa lapar yang teramat sangat memaksaku untuk bangkit juga. Setelah mandi dan berdandan aku pun pergi cari makan di warung-warung deket situ. Akhirnya beli mie rebus, kopi dan mendoan yesss.

Mendoan is my life. Enak banget mendoannya gaes dan harga nya pun normal. Sarapanku kali ini just spent 15 ribu. Makasih Bu Suwarti, besok kalau kesana aku bakal dateng lagi.

Pas asik makan mie hujan deras kembali turun, yang akhirnya buat aku gagal jalan-jalan ke jembatan merah. Rencananya pengen kesitu karena tadi lihat ada mbak-mbak yang jalan kesitu juga maksudnya aku minta potoin gitu eh malah hujan gaes. Gagal sudah, Nunggu hujan reda udah sekitar jam setengah 11 siang mau ke jembatan merah itu lagi, waktunya mepet banget takut ga keburu, karena rencananya mau eksplor Gombong hari ini.

Saat itu hujan masih deras sampai akhirnya pukul 12 an mulai reda. Aku pun mulai packing untuk segera meninggalkan penginapan. Berat banget rasanya pengen extend 1 hari lagiii tapi senin biasanya hectic jadi dengan berat hati aku pun meninggalkan pantai menganti. Pantai yang mitosnya dulu adalah suatu tempat penantian seorang panglima perang yang menunggu kekasihnya namun tak kunjung datang. hiks...

Setelah menempuh satu jam perjalanan yang makin ekstrim karena jalanan licin dan basah sehabis hujan, Akhirnya sampaijuga di Gombong, di anterin sama mas Eko tepat di depan benteng van der wijk. OMG! bagus banget ya benteng van der wijk ini. Nuansanya mirip Lawang Sewu cuman ga tau yang ini lebih kelihatan scary dan ga terawat. Jadi pas masuk ke ruangan-ruangannya agak lembab gitu.

Harga tiketnya cuma 25 ribu include naik kereta yang keliling benteng di bawah sama di atas gaes. Yang diatas agak serem keretanya berasa kayak mau lepas pengaitnya ehehe. Karena waktu yang mepet akhirnya aku cuma bentaran di benteng ini, pas itu juga lagi sepi. Aku tuh heran kenapa Kebumen sebagus itu tapi pengunjungnya dikit, sebenarnya kemana sih orang-orang?  hiks kan aku ga ada yang motoin...

Akhirnya mumpung lagi di Gombong aku pun nyobain sate ambal. itu kayak sate ayam tapi potongannya besar terus sambal kacangnya manis banget tapi ada sambel kecapnya juga sih, menurutku sih enak, masuk gitu rasanya. Cocok kayaknya jadi orang Kebumen. Ya kalau ga Jogja kebumen aja juga boleh :D
Nah ini aku belinya di sate ayam ambal Bu Gandhis. Foto dibawah itu bapaknya gaes. Ia baik banget masak pas aku nunggu grab buat nganterin ke kebumen Kota dia nungguin gaes, kayak lagi nganterin anaknya gitu. Auto langsung keinget bapak dan pengen pulang Bojonegoro. Ehehe
Loh, ngapain ke kebumen kota? xplore sana? Nope. Jadi aku lupa gaes buat konfirm lagi ke driver sumber Alamnya, dadakan aku telpon bapaknya eh shuttle bis nya  uda full, nah loh, akhirnya aku langsung googling dan setelah hubungin agen sana sini ada kursi kosong di agen sumber alam yang di kebumen kota nya. Lihat di grab jarak Gombong ke Kebumen kota sekitar 30 menitan langsung capcus pesen grab deh buat kesana. Huhuhu- abisnya hati ini terasa berat untuk meninggalkan kebumen. Makanya ga buru-buru mastiin ke driver nya eh malah kursinya abis T.T.

Sekitar jam 4 aku sampai di agen sumber alam dan langsung berangkat menuju secang, Magelang diiringi hujan syahdu. Well, Good Bye Kebumen, semoga bisa balik lagi. Harus balik lagi!

Postingan populer dari blog ini

REVIEW : Tinder, Bottled dan Speaky, (Dating or learning aplikasi?)

Hello gaes, welcome to this Blog! Sebagai salah satu dari banyak wanita kesepian hahaha, Download aplikasi chatting adalah sebuah pilihan nyata. Nah, ini ada 3 aplikasi yang aku download untuk membunuh kesepian ku atau untuk menghilangkan awkward moment saat temen-temen kalian pada asyik main hape sementara kalian ga ada yang ngajak chatting. hahaha, so let's zoom in those 3 applications:  1. Tinder Aplikasi dating online yang dari dulu sampai sekarang masih setia digunakan oleh pengguna nya Termasuk aku even I never get so close with them. Tapi kadang kalo lagi iseng asyik aja swipe swipe an gitu. So aku udah pake aplikasi ini kurang lebih 3 tahunan gitu. Tapi sampai sekarang nggak nyantol-nyantol juga. Aplikasi tinder memungkinkan kamu buat ketemu orang orang yang secara jarak masih bisa terjangkau dengan kamu. Biasanya dia bakal nyari yang terdekat, about beberapa miles gitu. Cuman karena ini aplikasi yang pure buat dating so buat dapet banyak swipe kudu pinter pi

Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

“Hanya orang yang enggak bisa ngaceng, bisa berkelahi tanpa takut mati.” Kalimat ini menjadi pembuka dalam novel seperti dendam rindu harus dibayar tuntas karya Eka kurniawan. Novel ini bercerita tentang Arjo Kawir, seorang lelaki yang harus menerima kenyataan bahwa burung (kemaluan) nya tidak bisa berdiri atau mengalami disfungsi ereksi. Asal muasalnya adalah ketika ia bersama temannya bernama si Tokek mengintip Rona merah, seorang perempuan gila yang diperkosa oleh dua orang polisi. Semenjak kejadian tersebut, Arjo Kawir harus hidup dengan burung yang enggan bangun dari tidur panjangnya. Meskipun sudah berbagai cara dilakukan oleh Arjo kawir untuk membangunkannya. “Si burung berpikir dirinya seekor beruang kutub yang harus tidir lama di musim dingin yang menggigilkan. Ia memimpikan butir-butir salju yang turun perlahan, yang tak pernah dilihat oleh tuannya.” (Hal.1-2) Begitulah Eka menggambarkan Keengganan burung Arjo Kawir untuk bangun. Sebagai seorang lelaki pasti saja Arjo

Review - Pacar seorang seniman- Ws. Rendra

Siapa yang tidak kenal Rendra? saya mengenal Rendra sebagai seorang penyair dengan puisi-puisinya yang luar biasa saya suka. Kali ini, Alhamdulillah saya berkesempatan membaca kumpulan Cerpen Ws. Rendra yang diterbitkan oleh penerbit bentang berjudul, Pacar seorang seniman. Duh, judulnya bikin deg deg an (Maklum, lagi pengen punya pacar seniman). Buku kumcer tersebut dihiasi dengan (apa ya nama nya..) lukisan-lukisan ditiap babnya. Covernya pun bergambar seorang perempuan berambur pendek dengan dominasi latar (agak) kuning dan hijau, ber'seni' banget. Cocok dengan judulnya. Cerita pendek ini ditulis Rendra pada tahun 1950-1960 an jadi, latar sosial, budaya maupun bahasanya ya disesuaikan pada jaman itu. Berasa lagi time travel, yang paling saya suka sih bahasanya. rapi dan manis. Well, didorong rasa penasaran pakai banget saya pun membaca kumcer ini dalam waktu yang singkat. Ada 13 cerita pendek dengan tema beragam. Tetapi I don't know why hanya beberapa cerpen yang meleka